UNVR, Selamat Datang di Portoku….. Mencoba Menghitung Valuasi UNVR

PENDAHULUAN

UNVR kode emiten UNILEVER. Mendengar nama Unilever, semua pasti sudah mengenal merek-merek yang dipasarkan. Sejak lama, merek-merek tersebut memenuhi kebutuhan perawatan rumah dan pribadi keluarga saya. Mulai dari Sabun Mandi, Shampoo, Pasta Gigi, Sikat Gigi, Pembersih Muka, Mouthwash, Ditergen, dan sebagainya. Tidak terhitung, berapa ribu rupiah, kami sekeluarga membelanjakan produk-produk dari Unilever tersebut setiap bulannya.

Ketika pertama kali memulai di saham, UNVR selalu menjadi saham percontohan. Saham yang selalu konsisten dalam kenaikan harga saham dan selalu mencetak harga tertinggi setiap tahunnya (ATH, All Time High). Tetapi saham ini, tidak pernah terpikir untuk saya koleksi karena harga sahamnya yang mahal secara nominal.

Beberapa teman memanfaatkan UNVR untuk trading. Memanfaatkan fluktuasi harga. BUY ketika harga turun dan SELL ketika naik. Dan ketika harga turun beberapa persen, BUY lagi.  Dan ketika naik beberapa persen, SELL. Begitu seterusnya. Ini mungkin strategi trading yang diterapkan oleh beberapa temen. Dan lumayan besar cuan yang didapatkan.

Tetapi saya belum berpikir untuk menerapkan startegi tersebut untuk UNVR. Bagi saya, UNVR menarik untuk dihold dalam jangka panjang atau investasi. Dan untuk investasi, valuasi harga adalah pedoman yang paling mendasar. Kita selalu ingat pesan dalam investasi, “Beli ketika harga murah, dan jual ketika harga mahal“.

Permasalahan yang saya hadapi adalah bagaimana menentukan harga murah dan mahal nya suatu saham seperti UNVR. Disini, saya sangat membutuhkan ilmu dalam memprediksi valuasi agar bisa menentukan berapa harga UNVR bisa dikatakan murah atau mahal.

Sebagian besar teman-teman saya yang berpedoman pada Fundamental Analisis, selalu berpendapat bahwa saat ini harga UNVR sudah “tidak murah” lagi atau”sudah mahal”. Kondisi ini yang membuat mereka berpendapat UNVR tidak layak untuk dibeli untuk kondisi saat ini.  Alasannya adalah :

  • nilai PER yang sangat besar mencapai angka 50
  • nilai PER jauh di atas nilai PER rata-rata
  • nilai PBV yang sangat besar

dan menurut teman-teman,  UNVR akan sangat menarik bila nilai PER nya bisa di bawah 30 atau minimal sebesar PER wajar nya (rata-rata PER).

Ironisnya, pernyataan bahwa UNVR “tidak murah” sering saya dengar tidak saat ini saja tetapi beberapa bulan yang lalu, atau setahun yang lalu, atau beberapa tahun yang lalu. Alih-alih menunggu PER turun sampai angka 30, tetapi kenyataannya setiap quarter, nilai PER semakin tinggi. Dan, UNVR pun selalu luput dari jangkauan radar sebagai saham murah secara valuasi.

Masalah harga yang naik terus ini, mengingatkan saya pada kisah Warrent Buffet yang membeli Coca Cola seperti disarikan pada buku The Essential Buffet halaman 144, “Sejak masa Goizueta mengambil alih Coca-Cola pada tahun 1980, harga saham perusahaan ini naik setiap tahun. Peruntungan perusahaan ini sangat baik sehingga Buffet tidak bisa membeli lebih banyak lagi  saham dengan harga lebih rendah. Namun, Buffet tidak gentar. Harga, kata dia, tidak ada hubungannya dengan nilai.”

Disebutkan juga pada buku tersebut bahwa “pada bulan Juni 1988, Coca Cola dihargai sekitar $10 per saham. Selama sepuluh bulan setelahnya, Buffet membeli dengan rata-rata harga per saham adalah $10.96“. Artinya Warren Buffet membeli lebih mahal 9.6% dari harga pada 10 bulan sebelumnya.

Kisah membeli UNVR tahun 2017 dengan kisah WB membeli Coca Cola mungkin tidak bisa disamakan persis. PER UNVR pada tahun 2017 tercatat sebesar 50x dan PBV sebesar 76x, sementara WB membeli Coca Cola dengan PER 15x dan PBV 5x. Hal yang mungkin sama adalah WB membeli ketika harga Coca Cola juga jauh lebih tinggi dari kondisi beberapa bulan atau tahun sebelumnya.

Seperti hal nya Coca Cola, menurut saya, UNVR juga memenuhi prinsip-prinsip yang disyaratkan WB sebagai perusahaan yang layak dibeli. Prinsip-prinsip tersebut adalah (The Esensial Buffet, halaman 131-146):

  • Prinsip : Bisnis Sederhana dan Mudah Dimengerti
  • Prinsip : Sejarah Operasi yang Konsisten
  • Prinsip : Prospek Jangka Panjang yang Baik
  • Prinsip : Margin Profit yang Tinggi
  • Prinsip : Manajemen yang Jujur
  • Prinsip : Manajemen Rasional
  • Prinsip : “Laba Pemilik”
  • Prinsip : Menentukan Nilai
  • Prinsip : Membeli dengan Harga yang Menarik

RENCANA AKUMULASI

Saya tertarik terhadap UNVR semenjak memulai eksplorasi data saham setahun yang lalu. Beberapa bahasan tentang UNVR bahkan saya tulis dalam postingan-postingan sebelumnya, seperti PER Berkorelasi dengan Harga Saham (Analisa Korelasi 2)  dan Mengkaji Pola PER UNVR, ICBP, KLBF, MYOR (PER Berkorelasi Liner) .

Walaupun cukup lama tertarik dan menganalisa saham ini, tetapi saya belum melakukan pembelian sampai akhir Juni 2017. Beberapa alasan saya ketika itu adalah masalah ketersediaan dana. Saya harus menyediakan cash minimal 4 juta (asumsi harga Rp 40.000 per saham) untuk dapat membeli 1 lot saham nya.

Pada bulan Juli 2017, kesempatan untuk mengoleksi UNVR tersampaikan. Tersedia cukup dana di account saham. UNVR terkoreksi cukup tajam setelah CUM Date. Tepatnya pada tanggal 11 Juli 2017 saya mendapatkan di harga Rp 46.675. Dan UNVR pun masuk dalam daftar di porto saya. Selamat datang UNVR.

Seperti pada tulisan saya sebelumnya, UNVR sangat cocok sebagai investasi jangka panjang, dan saya masukkan dalam kategori Saham Nabung. Menabung bisa dengan cara lump sum (buy & hold) atau dengan cicilan rutin (DCA=Dollar Cost Averaging). Mengingat baru mempunyai 1 lot, maka metode DCA lah yang akan saya terapkan untuk memperbanyak porsi.

DCA (Dollar Cost Averaging). Karena mahal secara nominal, strategi DCA untuk UNVR tidak seperti nabung saham yang lain. Bila saham lain saya melakukan setiap bulan, tetapi untuk UNVR rencananya akan saya lakukan setiap semester atau setiap tahun atau ketika sedang mendapatkan rejeki berlebih. Sebagai gambaran, uang untuk membeli 1 lot UNVR, sebenarnya bisa saya manfaatkan untuk membeli 10 lot TLKM.

KONSISTENSI KINERJA KEUANGAN UNVR

Seperti dalam kriteria WB dalam memilih perusahaan, UNVR memiliki sejarah operasi yang konsisten. Setelah saya cek di historical datanya, hampir semua indikator keuangan UNVR menunjukkan pertumbuhan yang konsisten. Revenue, Gross Profit, Earning Before Interest & Tax (EBIT) dan Earning Before Tax per quartal selalu naik konsisten linier, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah.

Grafik 1. Konsistensi Kinerja Keuangan UNVR

UNVR_Konsistensi

Kekonsistenan kinerja seperti ditunjukkan di atas membuat saya tidak salah menganalogikan UNVR dengan Coca Cola. Pada halaman 132 buku “The Essential Buffet” dijelaskan bahwa “kekuatan Coca Cola bukan hanya terletak dalam produk dengan merek yang dimilikinya, tetapi juga karena sistem distribusi mendunianya yang tak tertandingi.” Sekilas, pernyataan tersebut hampir mirip dengan kekuatan produk dan merek-merek yang dihasilkan UNVR.

Faktor kekonsistenan itu yang membuat saya lebih pede untuk mengkoleksi UNVR untuk jangka panjang. Dan kekonsistenan ini pula yang membuat saya lebih mudah memprediksi valuasi harga UNVR. Seperti  dijelaskan dalam The Essential Buffet halaman 153, bahwa WB memilih “berbagai perusahaan yang memiliki sejarah panjang dalam  hal kinerja yang superior dan manajemen yang stabil, dan kestabilan itu mengindikasikan probabilitas tinggi kalau perusahaan tersebut akan tetap berkinerja yang sama seperti di masa lalu”.

Faktor kestabilan dan konsistensi kinerja, membuat saya lebih mudah dalam memprediksi valuasi harga UNVR.

MULAI MENGHITUNG VALUASI UNVR

Saya memutuskan membeli UNVR untuk tujuan jangka panjang. Sehingga, valuasi yang saya hitung adalah valuasi untuk beberapa tahun ke depan, tidak untuk bulan ini, atau quarter ini, atau semester ini.

Rumus yang saya gunakan dalam memprediksi harga adalah :

Harga Saham = EPS * PER

Untuk mendapatkan Prediksi Harga saham beberapa tahun ke depan maka saya harus bisa memprediksi berapa EPS pada tahun tersebut dan berapa nilai PER wajar nya.

Prediksi EPS Beberapa Tahun ke Depan

EPS adalah besaran Laba Bersih Perusahaan per lembar saham. Jadi untuk bisa memprediksi EPS, maka saya harus bisa memprediksi besaran laba perusahaan pada tahun tersebut. Berikut Tabel Laba dan EPS UNVR tahunan sejak tahun 2016.

Tabel 1. Pertumbuhan Laba dan EPS UNVR

EPS_UNVR

Dari tabel di atas, terlihat bahwa sejak tahun 2016, emiten ini konsisten dalam mencetak kenaikan laba tahunan. Laba bersih UNVR tahun 2016 mencatat kenaikan sebesar 371% dibanding tahun 2006. Pertumbuhan laba tahunan UNVR berkisar antara 2% – 23%. Petumbuhan 2% hanya terjadi pada tahun 2015,  jauh di bawah periode lain yang mencatat di atas 7%. Selama 10 tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan laba tercatat sebesar 14,3%, sementara dalam 5 tahun terakhir tercatat sebesar 9%. Dan setahun terakhir, tahun 2016, pertumbuhan tercatat sebesar 9.2%.

Pola angka pertumbuhan yang sama, juga ditunjukkan oleh nilai EPS nya. Dan nilai pertumbuhan EPS selisih 0.2% lebih tinggi dari pertumbuhan laba. Selama 10 tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan EPS tercatat sebesar 14,4%, sementara dalam 5 tahun terakhir tercatat sebesar 9.2%. Dan setahun terakhir, tahun 2016, pertumbuhan tercatat sebesar 9.2%.

Angka rata-rata di atas, saya gunakan untuk memprediksi Laba dan EPS di tahun-tahun berikutnya. Rata-rata yang saya gunkan adalah rata-rata pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir. Jadi untuk pertumbuhan laba saya asumsikan sebesar 9.0% dan untuk EPS sebesar 9.2%. Dari asumsi di atas, saya dapatkan hasil prediksi laba dan EPS seperti yang tertuang pada Tabel di bawah.

Tabel 2. Prediksi Laba dan EPS UNVR

EPS_UNVR_Prediksi

Angka-angka EPS prediksi di atas, akan saya gunakan dalam menghitung valuasi harga saham pada tahun yang bersangkutan.

Prediksi PER Wajar UNVR

Berapa PER wajar UNVR? Mari kita liat historical PER UNVR sejak tahun 2006. Average PER tahunan adalah rata-rata PER dalam tahun berjalan. Angka ini sebagai average dari nilai PER dalam 4 quartal. Nilai per kuartal saya dapatkan dari sistem HOTS dari sekuritas saya.

Tabel 3. Pertumbuhan PER UNVR

PER_UNVR

Rata-rata PER UNVR cenderung naik setiap tahunnya. Dalam 10 tahun terakhir rata-rata PER tercatat sebesar 33,5x, dalam 5 tahun terakhir sebesar 43,4x, dalam 3 tahun terakhir 47,6x, 2 tahun terakhir sebesar 50,4x dan 1 tahun terakhir sebesar 51,1x. Sejak tahun 2006 sampai dengan 2016, PER UNVR tercatat naik sebesar 179%, dari 18,28x menjadi 51,08x.

Pertumbuhan PER UNVR dalam 10 tahun terakhir adalah sebesar 5.5%, dalam 5 tahun terakhir sebesar 6.5%,  dan dalam 3 tahun terakhir sebesar 8.0%. Tetapi tercatat ada penurunan dalam 1 tahun terakhir yaitu -3.9%. Sepertinya, bila kita menggunakan konsep pertumbuhan, rata-rata PER dalam  10 tahun terlihat lebih lebih masuk akal.

Tetapi bagaimana bila ternyata PER tahun berikutnya tidak bertumbuh atau malah menurun atau mengikuti nilai PER tahun-tahun sebelumnya?

Jadi berapa PER wajar nya bila setiap tahun angka PER nya naik? Apakah menggunakan konsep pertumbuhan seperti halnya untuk memprediksi EPS ? Berapa PER wajar di tahun berikutnya? Berapa PER di tahun 2017? 2018? 2019? dan seterusnya.

Saya cukup berhati-hati dalam hal prediksi nilai PER wajar UNVR. Mengingat PER sangat berhubungan dengan emosi dan psikologi pasar. Untuk itu, saya mencoba beberapa opsi atau alternatif untuk memprediksi nilai PER wajarnya. Opsi-opsi tersebut adalah :

  • Opsi 1 = menggunakan rata-rata PER 10 tahun terakhir = 33,5x
  • Opsi 2 = menggunakan rata-rata PER 5 tahun terakhir = 43,4x
  • Opsi 3 = menggunakan rata-rata PER 3 tahun terakhir =47,6x
  • Opsi 4 = menggunakan rata-rata PER 2 tahun terakhir = 50,4x
  • Opsi 5 = menggunakan PER tahun terakhir (tahun 2016) = 51,1x
  • Opsi 6 = menggunakan rata-rata pertumbuhan = tumbuh 10% per tahun

Opsi di atas mengindikasikan bahwa semakin tinggi opsinya maka semakin optimis saya dalam memprediksi valuasi harga UNVR. Sebaliknya semakin rendah opsinya, maka semakin hati-hati saya dalam menilai harga. Semakin tinggi opsinya, berarti harga valuasi UNVR akan semakin tinggi.

Hasil prediksi PER Wajar UNVR untuk masing-masing Opsi setiap tahunnya bisa dilihat pada tabel di bawah.

Tabel 4. Prediksi PER Wajar UNVR Berdasarkan 6 Opsi

PER_UNVR_Prediksi

Dari prediksi PER wajar di atas, kita bisa mendapat gambaran angka mana yang masuk akal dalam memprediksi PER di tahun-tahun mendatang.

Prediksi Valuasi Harga UNVR

Dari hasil prediksi EPS dan PER di atas, saya dapatkan harga wajar UNVR untuk masing-masing Opsi PER wajar setiap tahunnya.

Harga = EPS Prediksi * PER Wajar Prediksi

Hasil prediksi harga bisa dilihat pada Tabel 5 di bawah.

Tabel 5. Prediksi Harga Wajar UNVR Setiap Opsi PER

Harga_Unvr-prediksi

Dari tabel di atas, saya bisa memperkirakan seberapa mahal atau murah UNVR yang saya koleksi.

Tanggal 11 Juli 2017, saya membeli UNVR di harga 46.675. Apakah mahal ? Murah dan Mahal adalah relatif. Mari kita bandingkan harga beli saya tersebut dengan angka pada tabel di atas.

  • Bila menggunakan Opsi 1, maka harga beli saya masih lebih murah dari Harga Wajar UNVR pada tahun 2022.
  • Bila menggunakan Opsi 2, maka harga beli saya masih lebih murah dari Harga wajar UNVR pada tahun 2019.
  • Bila menggunakan Opsi 3 dan Opsi 4, maka harga beli saya masih lebih murah dari Harga wajar UNVR pada tahun 2018.
  • Bila menggunakan Opsi 5 dan Opsi 6, maka harga beli saya masih lebih murah dari Harga wajar UNVR pada tahun 2017.
  • Bila menggunakan Opsi 6, harga wajar UNVR untuk tahun 2017 sebesar 51.700, dan sampai sekarangpun UNVR belum mencapainya.

Jadi, apabila saya berencana hold dalam waktu lama, katakanlah 10 tahun, maka harga saat ini masih cukup murah. Jadi apakah UNVR sudah mahal atau murah ? Entahlah. Setiap orang pasti mempunyai pandangan masing-masing.

Dan ini pandangan saya :

Opsi 1, 2 dan 3, sangat menarik untuk ditunggu. Kondisi yang sudah sangat murah menurut saya. Apabila pasar menghargai UNVR seperti itu pada tahun ini, tentu menjadi kesempatan langka, dan saat nya untuk akumulasi dalam jumlah lebih besar. Apakah hal itu akan terjadi? Entah lah. Menurut saya, dalam kondisi pasar yang normal, peluang terjadinya Opsi 1, 2 atau 3 pada tahun ini adalah relatif kecil apalagi untuk Opsi 1 dan 2.

Opsi 4 dan 5 bisa dikatakan opsi pasar cukup realistis. Harga UNVR tercatat masih di bawah 44.000 (Opsi 4) sebelum bulan April 2017. Setelah itu harga terbang menuju Opsi 5. Sejak membeli di harga 46.675 pada tanggal 11 Juli 2017, terus terang saya selalu menunggu harga UNVR di bawah 47.000 untuk bisa mengakumulasi kembali (Opsi 5). Tetapi dalam kenyataannya, saya tidak mendapatkan kesempatan Opsi 5 datang lagi. Bagaimana bila pasar kembali ke Opsi 4? Sepertinya peluang nya agak berat. Tetapi apabila itu terjadi, tentu suatu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Opsi 6 bisa dikatakan sebagai opsi pasar yang sangat optimis. Tetapi menurut saya, Opsi ini cukup masuk akal dan peluang terjadinya cukup besar. Berdasarkan historikal data, UNVR selalu mencatatkan kenaikan baik EPS maupun PER setiap tahunnya. Dan ini yang selalu terjadi, UNVR selalu mencatat All Time High setiap tahunnya. Jadi, bagi saya, tak ada kata terlambat untuk mengakumulasi UNVR.

Karena saya berfikir untuk investasi dalam jangka waktu yang lama, maka perhitungan Opsi 5 dan Opsi 6 menjadi rujukan saya dalam memprediksi valuasi UNVR. Dan ini membantu saya kapan harus mengakumulasi lagi.

Apabila pasar benar-benar menghargai UNVR seperti Opsi 6, tentu saya akan mendapatkan keuntungan yang besar dari kenaikan harga saham yang lebih tinggi. Sebaliknya apabila pasar menghargai lebih murah, maka menambah lot menjadi pilihan terbaik,  dan pada akhirnya harga modal rata-rata akan menurun.

Di sinilah strategi DCA berperanan. Membeli saham secara rutin tanpa mempedulikan kondisi pasar. Jadi saya tidak perlu repot-repot menunggu kapan saat yang tepat membeli. Toh secara jangka panjang, peluang kenaikan harga UNVR masih sangat besar.

Faktor Deviden

UNVR adalah salah satu emiten yang rutin membagikan deviden. Bahkan devidennya tercatat hampir 100%, artinya semua laba bersih perusahaan dibagikan ke pemegang saham dalam bentuk deviden.

Dalam catatan saya, rata-rata besaran deviden yang dibagikan adalah sebesar 2%an dari harga saham tahun sebelumnya. Sebagai gambaran, berikut saya tampilkan catatan deviden UNVR dalam 3 tahun terakhir :

  • harga penutupan tahun 2014 = Rp 32.300, deviden Rp 752, (2,3%)
  • harga penutupan tahun 2015 = Rp 37.000, deviden Rp 767, (2,1%)
  • harga penutupan tahun 2016 = Rp 38.800, deviden Rp 838, (2,2%)

Dengan besaran deviden ini, kita mendapatkan tambahan harga (uang) sebesar 2% dari harga tahun sebelumnya. Sehingga prediksi harga pada Tabel 5 di atas bisa dikonversi lagi menjadi lebih tinggi 2%an. Hasil konversi bisa dilihat pada tabel di bawah.

Tabel 6. Prediksi Harga Wajar UNVR Setiap Opsi PER Dikonversi Deviden

Harga_Unvr_Deviden

Bila membandingkan dengan harga pada tabel di atas, ternyata harga kepemilikan UNVR saya sudah sesuai Opsi 4. Artinya harga UNVR yang saya beli ternyata lebih murah dari asumsi valuasi awal. Dari sini, perhitungan valuasi Opsi 4, 5 atau 6 bisa menjadi rujukan saya. Dan bagi saya itu sudah menjadi harga yang wajar dan cukup masuk akal. Seperti kata Warrent Buffet “Lebih baik membeli perusahaan hebat dengan harga wajar daripada perusahaan biasa dengan harga diskon (murah)“.

PENUTUP

Dari gambaran di atas, saya merasa harga UNVR skarang sudah cukup wajar bila bertujuan investasi dalam waktu yang lama. Perhitungan saya dalam memprediksi valuasi UNVR mungkin cukup sederhana, sederhana saya dalam memahami bisnis nya sendiri. Ke sederhanaan ini ditunjang oleh kekonsistenan dan stabilitas kinerja masa lalu nya, sehingga memudahkan saya dalam memprediksi. Karena “kestabilan itu mengindikasikan probabilitas tinggi kalau perusahaan tersebut akan tetap berkinerja yang sama seperti di masa lalu”

Apakah saya benar  dalam memprediksi ? Biarlah waktu yang menjawabnya. Tapi yang paling penting adalah saya telah memiliki rujukan berbagai Opsi perhitungan. Sehingga membantu saya apa yang harus saya lakukan bila pasar bereaksi lain. Bila pasar bereaksi optimis tentu menjadi keuntungan sendiri karena saya sudah mengkoleksinya. Sebaliknya bila pasar bereaksi lebih pesimis, tentu ini menjadi kesempatan untuk memperbanyak porsi.

Biar saya tidak pusing masalah suasana psikologi pasar, kapan optimis dan pesimis, saya sudah berencana untuk melakukan akumulasi rutin. DCA walau tidak bulanan minimal setahun selalu ada transaksi pembelian.

Pembelian saya terhadap UNVR, juga karena mengingatkan saya pada tulisan pada buku The Intelligent Investor hal 681, “resiko membayar  terlalu mahal untuk saham berkualitas baik bukanlah bahaya utama yang dihadapi oleh rata-rata pembeli saham”. Dan saya pun mengikuti bahasan pada halaman 692, “Jika anda telah mengambil kesimpulan dari berbagai faktadan tahu bahwa penilaian anda sudah tepat, bertindaklah – walaupun orang lain masih ragu dan tidak setuju.”

Semoga strategi ini berhasil saya terapkan.

Salam

Cibinong, 18 Agustus 2017

 

TSu Priyadi

tsp_adi@yahoo.com

Iklan

One thought on “UNVR, Selamat Datang di Portoku….. Mencoba Menghitung Valuasi UNVR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s